Senin , 9 Desember 2019
Home / Showbiz / Rilex / Ketupat Sayur Versus Lontong Sayur, Sama Namun Beda

Ketupat Sayur Versus Lontong Sayur, Sama Namun Beda

Jakarta, channelsatu.com:Setiap wilayah di negeri ini memiliki ragam makanan khas. Tidak terkecuali jika membicarakan makanan ketupat sayur ataupun lontong sayur.  Sebenarnya ketupat sayur ataupun lontong sayur  adalah ragam makanan yang sama, namun sesungguhnya beda.

Contoh gamblang bahwa ada dua versi ketupat sayur di Jakarta. Yaitu ketupat sayur Jakarta dan ketupan sayur ala Padang. Bedanya ketupat sayur ala Padang kuah santannya,  kaya bumbu dan berminyak dengan sayur pakis dan  side dish berupa rendang sapi atau ayam.

Tentang jenis makanan ini, ketupat versus lontong, hanya beda bahan utama. Kendati sama-sama nasi yang sengaja dipadatkan. Lontong umumnya berupa nasi yang dipadatkan dalam gulungan daun pisang. Sedangkan ketupat berupa nasi yang ditanak dalam bungkus ayaman ketupan.

Dalam hal penyajian sama saja. Nasi dari lontong dan ketupan dipotong-potong serta merta disajikan dengan sayur berkuah santan, bisa sayur lodeh, sayur nangka muda dan sayur labu – malah ada yang menggunakan sayur papaya muda.   Lauknya? Ada pilihan telur dan tahu atau semur telur. Atau  telur dan daging ayam bumbu cabe. Jangan lupa, lontong sayur dan ketupan sayur ini ditambah kerupuk.

Di Jakarta banyak sekali dijampai pedagang keliling atau restoran kaki lima yang menjajakan lontong sayur  maupun ketupat sayur. Demikian pula di kota Surabaya, Semarang  – termasuk di kota Medan. Tapi lontong sayur Medan terasa lain sekali. Saya menemukan lontong sayur Medan ini di rumah makan Marina – di pasar Simpasa, Sumarecon Serpong, tepatnya berada di ruko Simpasa SG 03 No.6.

Anda boleh coba  lontong sayur Medan dengan kuah susu dan bukan dari santan. Rasanya jadi gurih, tentu lezat dan lebih bergizi. Banyak pengunjung Marina yang memilih lontong sayur  medan, disertai kopi Medan.  Rumah makan Marina buka dari pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore.
Kata lain Anda bisa sarapan di kedai itu, makan  siang atau makan sore. Di kedai itupun ada menu unik dibuat sendiri pemilik rumah makan, yakni Mie Tomat – yang rasanya  asyik.  Silahkan menyantap lontong sayur Medan. Dan kiranya Anda  semakin menganal  lontong sayur dan ketupat sayur,  yang sebenarnya sama tapi beda. Bedanya terletak pada bahan, yaitu nasi yang dipadatkan atau ditanak ( begitulah kira-kiranya) (Syamsudin Noer Moenadi, jurnalis, pecinta makanan).

About ibra

Check Also

Ketum Pafindo dan Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan, Prof Agus Suradika

Ketum Pafindo Gion Prabowo, “Ini Bukan Pepesan Kosong”

Jakarta, channelsatu.com:”Kantor kita di Jakarta. Cari makan di Jakarta. Rumah kita di Jakarta. Tentu sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *