Selasa , 23 Mei 2017
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Kemilau Indonesia Photo Contest 2017, Promosikan 10 Destinasi Bali Baru

Kemilau Indonesia Photo Contest 2017, Promosikan 10 Destinasi Bali Baru

prescon Kontest Foto. Foto: Snm,
prescon Kontest Foto. Foto: Snm,

Jakarta,channelsatu.com: Sebagaimana didengung-dengungkan, Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata Indonesia, telah mencanangkan 10 Destinasi Bali Baru. Istilah Bali Baru itu sendiri merupakan bahasa pemasaran semata, mengingat nama Bali sudah demikian mendunia. Namun sesungguhnya 10 Bali Baru itu tidak lain 10 destinasi prioritas yang dikembangkan lebih fokus.

Nah, 10 Bali Baru itulah yang dijadikan tema utama Kemilau Indonesia Photo Contest 2017. Kontes ini, KIPC 2017, diselenggarakan Forum Wartawan Kementerian Pariwisata, disingkat Forwapar, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata serta didukung Mercure Sabang Jakarta,  tidak lain rangkaian acara yang terdiri dari lomba foto destinasi dan pameran hasil lomba yang digelar di Jakarta 11-14 April 2017 dalam acara Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara.

Perihal 10 Bali Baru meliputi Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Kawasan Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (Lombok), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara) dan Moratai (Maluku Utara).

Lomba foto dalam KIPC 2017 ini ditujukan untuk umum, bukan hanya untuk jurnalis serta pewarta foto, tetapi juga untuk traveler maupun fotografer amatir. Syarat lomba tidak dibatasi dengan ketentuan yang mengikat, asal foto yang diikutkan lomba adakah hasil dari pemotretan 10 Bali Baru. Foto yang dilombakan-pun bisa berupa foto pemandangan, kehidupan sehari-hari, peristiwa budaya atau foto kuliner, asal foto paling baru atau yang dihasilkan dalam kurun waktu 2015-2016.

Lomba foto KIPC 2017 berhadiah total RP.40 juta dan akan  dinilai juri professional, yakni akademisi, pewarta foto dan fotografer traveler. Menurut ketua penyelenggara KIPC 2017 Fathurrohim, bahwa kegiatan ini memang untuk mempromosikan 10 Destinasi Bali Baru. “Diharapkan mampu mendongkrak popularitas destinasi yang sudah meredup, di samping pula  memperkenalkan potensi baru yang tengah dikembangkan terhadap khalayak ramai,“ ucap Fathurrohim.

Sementara Sekretaris Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Ukus Koswara menyambut baik kegiatan KIPC 2017. “Langkah yang baik, positif dan perlu didukung,“ kata Ukus. Siapa tahu kegiatan semacam ini mampu mendorong mobilitas wisatawan sekaligus menjadi promosi 10 Destinasi Bali Baru kepada publik luas. Lebih lanjut mengenai lomba fota KIPC 2017 yang resmi dibuka 30 Maret 2017, harap menghubungi ke sekretariat panitia di + 62.812 13007419. (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo,com)

About ibra

Check Also

Peserta workshop yang terdiri tour guide profesional anggota ASITA mendatangi Desa Adat Sade. Foto: Dok ASITA.

Di Desa Adat Sade, Lombok, Hanya Anak Bungsu Lelaki Yang Boleh Jadi Tour Guide

Lombok, channelsatu.com: Karena pemberitaan yang masif dan begitu gencar, sehingga kunjungan wisatawan nusantara meningkat secara …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *