Sabtu , 28 Maret 2020
Home / SPORT / All Sports / Kejuaraan Dunia Motorcross 2017 Akan Digelar di Bangka Belitung

Kejuaraan Dunia Motorcross 2017 Akan Digelar di Bangka Belitung

foto: Ilustrasi.
foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com. MXGP adalah balapan paling bergengsi di ajang motocross. Kini, Indonesia merupakan Negara Asia ketiga dalam kalender MXGP setelah Qatar dan Thailand. Kedua Negara tersebut rutin mengadakan kejuaran dunia sejak 2013.  Kejuaraan Dunia MXGP 2017, Indonesia mendapat bagian pada putaran seri kedua, sedangkan putaran seri pertama digelar di Qatar.

Pada putaran seri kedua MXGP 2017 yang digelar tanggal 4-5 Maret 2017 ini, di kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung dipilih sebagai tempat penyelenggaraan. Kenapa musti Pangkalpinang? Menurut Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Sadikin Aksa, kepada channelsatu.com saat jumpa wartawan di Jakarta, akhir Februari 2017, lantaran pertimbangan lokasi  dan kota Pangkalpinang memiliki tekstur tanah yang berpasir, sehingga sangat cocok dengan karakter sirkuit MXGP.

Selain itu, Pangkalpinang mempunyai venue yang langsung berseberangan dengan pantai. Mau tidak mau, kota Pangkalpinang  menjadi destinasi yang memenuhi syarat, mengingat kotanya termasuk nyaman, sangat indah, sertamerta terdapat hunian resort maupun hotel yang memadai. Hal ini sejalan dengan program Wonderful Indonesia, bahwa Pangkalpinang menjadi kota dalam target kunjungan Wisatawan Asing dan Wisatawan Nusantara.

Pangkalpinang tidak lain singkatan: Pangkal Kemenangan Bagi Perjuangan. Demikian Presiden Soekarno mengucapkan di Pangkalpinang tanggal 6 Juli 1049, saat akan kembali (pada waktu itu) ke Ibukota Republik Indonesia di Yogyakarta. Tidak dipungkiri di kota Pangkapinang Anda menemukan keramahan, kerukunan, keragaman adat, tradisi, agama dan budaya yang menyatu secara harmonis dalam kehidupan masyarakatnya.

Di Pangkalpinang juga Anda dapat melihat keindahan pantai, menikmati makanan khas serta  mengunjungi beberapa obyek wisata bersejarah. Jadi tidak salah MXGP 2017 diadakan di kota Pangkalpinang dan bagaimanapun pula Pangkalpinang terpromosikan ke penjuru dunia. Alih-alih MXGP 2017 diikuti para atlet dan tim dari 20 negara.

MXGP 2017 digelar selama 20 seri. Seri pertama di Qatar pada 25 Februari dan berakhir di Inggris 1 Oktober. Indonesia, yang kini Pangkalpinang dan Baldasserona di San Marino menjadi tempat penyelenggaran batu tahun 2017. Terakhir Indonesia menggelar balap motocross dunia Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) pada 1997 di Bandung, Jawa Barat.

Pangkapinang dinyatakan sebagai salah satu lokasi MXGP 2017 pada 5 Maret 2016, usai konferensi kualifikasi NXGP  Thailand. President Youthstream, pemegang hak prpmosi MXGP, Giuseppe Luongo, menyebut Indonesia sebagai penyelenggara MXGO 2017, 2018 dan 2019.

Tigapuluh peserta dari 23 negara ambil bagian dalam kejuaraan MXGP 2017. Pembalap motocross terbaik dari seluruh penjuru dunia tampil, seperti  Tim Gajser ( Slovania), Antonio Cairoli (Italia), Miximilian Nagi (Jerman) serta croses wanita Livia Lancelo (Prancis) dan Nancy Van de Ven (Belanda).

Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwinsyah jelas bangga dengan terpilihnya Pangkalpinang sebagai tempat MXGP 2017 tingkat dunia digelar. “Semula saya deg-degan. Juga merasa takut, khawatir tidak bisa menjadi tuan rumah yang baik. Lebih-lebih ini even tingkat dunia. Namun kecemasan itu hilang begitu saya menyaksikan tayangan olahraga di televisi, yaitu acara motocross yang menyebut–nyebut Pangkalpinang akan menjadi tuan rumah seri putaran kedua dunia. Jelas saya bangga, dan ini bukan cuma nama Pangkalpinang, tapi nama Indonesia yang dipertaruhkan. Maka dalam hal ini saya kian pede bahwa Pangkalpinang mampu menyelenggarakan even kelas dunia,“ ujar Muhammad Irwinsyah kepada channelsatu.com di Jakarta, akhir Februari 2017, (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

About ibra

Check Also

Anggota pafindo dukung Asian Games 2018. Foto: Ibra.

Pafindo Akan Nonton Timnas Sepak Bola Asian Games 2018

Jakarta, channelsatu.com: Perhelatan akbar pesta olah raga Asian Games 2018, sudah dimulai di Jakarta dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *