Minggu , 22 September 2019
Home / Showbiz / Rilex / Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Karimunjawa, Jateng, Meningkat

Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Karimunjawa, Jateng, Meningkat

Foto: Ilustrasi.
Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu. com: Kepulauan Karimunjawa terletak di Laut Jawa, termasuk Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan perairan kurang lebih 110.000 hektar, Kini Kepulauan Karimunjawa dikembangkan  menjadi pesona wisata Taman Laut dan mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejak tanggal 15 Maret 2001, Kepulauan Karimunjawa ditetapkan pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Kepulauan tersebut adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, diantaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka pun berhabitan di kepulauan itu.

Dari puluan gugus pulau tersebut hanya terdapat lima pulau yang sudah dihuni sekiat 9.000 jiwa, yakni tinggal di Pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk dan Pulau Gening. Kepulauan Karimunjawa merupakan destinasi unggulan Jawa Tengah, yang setiap tahunnya selalu terdapat kegiatan seperti Sail Karimunjawa.

Dari tahun ke tahun jumlah kunjungan wisatawan ke kepulauan yang terdiri 27 gugus pulau, terus meningkat. Dari tahun 2012 total wisatawan yang datang ke Kepulauan Karimunjawa yang kekayaan alam lautnya alami dengan banyaknya biota laut yang bisa dilihat dengan kasat  mata, mencapai 58.638  jiwa. Dengan rincian Wisatawan Nusantara yang paling banyak datang,  sebanyak 53.633 jiwa. Wisatawan Mancanegara 5005 oang.

Tahun 2013 dan 2014 jumlah wisatawan ke Kepulauan Karimunjawa mengalami grafik naik. Demikian pula tahun 2015 total mencapai 92.115 orang. Rinciannya: Wisatawan Mancanegara sebanyak 7.579 orang dan Wisatawan Nusantara ada 84.536 orang. Tahun 2016, angka kedatangan wisatawan ke Kepulauan Karimunjawa dipastikan melebih dari tahun 2015.

Even Sail Karimunjawa adalah daya tarik tersendiri wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa. Tahun ini yang dikemas dalam tema Pesona Bahari Karimunjawa 2016 dan diadakan akhir bulan September, sebanyak 27 kapal yacht datang dari 7 negara.

Pesona Bahari Karimunjawa 2016, selain digelar Sail Karimunjawa, diadakan pula Festival Perahu Hias dan pementasan Sunset Jazz Karimunjawa. Namun yang menarik dari even itu adalah para yachter melakukan tur Jawa Tengah. Ini berarti, “Memperkenalkan kepulauan Karimunjawa melalui budaya dan alam kepada wisatawan dan dalam ikut serta membangun masyarakat di sekitar obyek daya tarik wisata,“ kata  Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, kepada channelsatu.com melalui telepon genggam.

Kepulauan Karimunjawa tidak lain destinasi pariwisata unggulan di Jawa Tengah. Setiap tahunnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang didukung Kementerian Pariwisata selalu mengadakan even bahari, teristimewa Sail Karimunjawa.

Even pariwisata itu, memang sebagai dukungan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan sebagai wujud ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. Berkaitan dengan semuanya itu, jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah pun meningkat.

Pada tahun 2012 , Wisatawan Nusantara yang ke datang ke Jawa Tengah  berjumlah 25.240.007 orang. Sedang Wisatawan Manca Negara 363.150 orang. Tahun 2015 total 33.452.034 dengan rincian, Wisatawan Nusantara 33 .030.843 orang dan Wisatawan Mancanegara sebanyak 421.191 orang.

Tahun 2016, wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah dipastikan bertambah jumlahnya. Diharapkan melebihi jumlah yang datang pada tahun 2015. Dan capaian itu kiranya akan menciptakan dan meningkatkan kualitas produk maupun, kemudahan serta pelayanan kepariwisataan. (Syamsudin Noer Moenadi, email: nm.syamsudin@yahoo.com / Redaktur channelsatu.com)

About ibra

Check Also

Prescon Lomba Prescon Lomba Koffie SLB Film You Tube Festival LKSFYTF 2019. Foto: Dudut Suhendra Putra.

Sudah 85 Peserta Ikut Lomba Koffie SLB Film You Tube Festival 2019

Jakarta, channelsatu.com: Antusias para Youtuber untuk mengikut ternyata begitu tinggi. Ajang yang digelar Karya Bintang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *