Selasa , 23 Mei 2017
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Istirahatlah Kata-Kata, Film Terbaik Bangkok Asean Film Festival

Istirahatlah Kata-Kata, Film Terbaik Bangkok Asean Film Festival

Adegan film Istirahatlah kata-Kata. Foto: ist.
Adegan film Istirahatlah kata-Kata. Foto: ist.

Jakarta, channelsatu.com: Berita gembira diterima channelsatu.com melalui telepon dari panitia Bangkok ASEAN Film Festival (BAFF), bahwa film bertajuk Istirahatlah Kata-kata garapan Yosep Anggi Noen dinyatakan sebagai film terbaik. Istirahatlah Kata-kata berhasil mengalahkan sembilan film lainnya yang oleh juri BAFF 2017, terdiri Hong Hyosook (Direktur Asian Cinema Fund), Maggie Lee (Kritikus Film Asia), dan Koji Fukada (Sutradara asal Jepang), dinyatakan sebagai film yang sangat sederhana, sekaligus unggul secara artistik, terutama dalam sinematpgrafi dan pencahayaan.

Lebih lanjut Hong Hyosook menegaskan, “Keberanian sang sutradara (Yosep Anggi Noean) dan perhatiannya terhadap isi kemanusiaan sangat jelas, dia mampu mengungkapkan persoalan politik yang serius melalui detail protogonis di film.“ Film Istirahatlah Kata-kata bertutur tentang penyair dan aktivis kemanusian Wiji Thukul yang sampai sekarang hilang serta tidak diketahui jejak rimbanya alias belum diketemukan keberadaannya.

Film yang diproduksi secara kolektif, oleh Muara Foundation dan Lemaenam Films, sengaja memperlihatkan sisi melankolis sang penyair yang menyimpan kecemasan dan ketakutan tentang dirinya serta orang-orang terdekatnya. Wiji Thukul yang diperankan Gunawan Maryanto lari ke Pontianak, menininggalkan anak dan istrinya setelah berpindah–pindah dalam persembunyian dari Solo hingga Jakarta.

Saat ini film Istirahatlah Kata-kata  yang judul internasional Solo, Solitude, bergerilya di berbagai festival di dunia, salah satunya melakukan gerilya di Festival Film Locarno di Swiss. Pada ajang Festival Film Locarno, film yang disutaradai Yosep Anggi Noean membawa nafas keberanian sang penyair sebagai pejuang demokrasi. Pada festival film yang diselenggarakan di Indonesia, Istirahatlah Kata-kata bersinar di Usmar Ismail Award dan Yogya-Netpac Asian Film Festival.

BAFF pun termasuk festival yang bergengsi dan selalu digelar di kota Bangkok, Thailand, yang tahun 2017 diadakan akhir April-awal Mei, berlangsung meriah. Sebagaimana pula kemeriahan yang bergema pada ASEAN Internasional Film Festival and Awards (AIFFA) 2017 di kota Kuching, Serawak, Malaysia, awal Mei. Di forum AIFFA 2017, Istirahatkah Kata-kata mendapat penghargaan untuk kategori Spesial Juri, yang jurinya diketuai U Wei bin Haji Saari.

Catatan mengenai profil Yosep Anggi Noen, lahir pada tahun 1983,  mempelajari ilmu komunikasi di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan menyutradarai banyak film pendek, termasuk It’s Not Raining  Outside, produksi tahun 2009, yang terpilih  diputar dalam Festival Film Internasional Rotterdam. (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

About ibra

Check Also

Penyanyi dangdut Ratu Meta didampingi kuasa hukumnya Henry Indraguna dan staf, usai diperiksa Polisi terkait kasusnya dengan Alona, saat memberikan keterangan pada wartawan,  Rabu (10/5/2017) di Polda Metro jaya. Jakarta, Foto; Ibra.

Ratu Meta Bantah Cari Sensasi Terkait Kasusnya Dengan Alona

Jakarta, channelsatu.com: Gara-gara tudingan dari artis Cynthiara Alona yang menyinggung rekannya pedangdut Ratu Meta, makan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *