Rabu , 14 November 2018
Home / PELUANG / Inspirasi Usaha / Inilah Makanan Yang Membuat Mata Menjadi Melek

Inilah Makanan Yang Membuat Mata Menjadi Melek

Kue Coklat. Foto: Ilustrasi.
Kue Coklat. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com: Selama ini diyakini minuman kopi sebagai pengusir rasa kantuk. Bisajadi demikian. Tidak diingkari kopi memang banyak mempunyai manfaat. Tetapi kopi pun juga memiliki dampak buruk, jika dikonsumi secara berlebihan atau terlalu sering, sehingga kecanduan. Jika minum kopi terlalu sering, alih-alih minumnya tidak terkontrol, maka gangguan tidar akan terjadi, bahkan lebih para lagi dapat menyebabkan diabetes.

Untuk itu, janganlah minum kopi terlalu sering. Saran yang musti dipatuhi. Disarankan cukup mengkonsumsi kopi satu cangkir dalam sehari.  Hendaknya meminum pada pagi hari atau malam hari, apabila mau kerja lembur. Selain kopi yang sudah dipercaya betul bisa membuat mata menjadi melek, sebenarnya terdapat 10 makanan, termasuk buah dan kudapan yang juga sanggup membikin mata melotot.

Sepuluh makanan, buah dan kudapan itu ialah: Es Krim, Semangka, Dark Chocalate, Edamama Panggang, Chocalate Lava Cake, Telur Kukus Bayam, Spicy Baked Salmon, Jeruk Nipis, Tumis Daun Singkong, dan Matcha Fudge.

Semua orang, tidak terkecuali anak-anak, pasti tidak asing dengan minuman Es Krim yang ternyata bisa menahan rasa kantuk. Sensasi dinginnya bisa merasa segar dan rasa manis dalam semangkuk Es Krim itu bisa membuat tubuh tetap bersinergi. Lebih-lebih disantap pada malam hari.

Begitupun buah Semangka atau disebut Loopers yang banyak mengandung air nggak cuma menyegarkan, melainkan bisa pula memerangi dehidrasi yang merupakan penyebab utama lelah dan kantuk. Dengan mengkonsumsi buah semangka beberapa potong pada sore hari, maka dijamin tidak mudah kantuk sampai larut malam.

Cokelat adalah makanan yang tidak asing bagi semua orang. Seperti kita tahu Dark Cholate banyak mengandung zat besi dan magnesium yang bisa memberi energy untuk tetap aktif sepanjang hari. Dark Cholate juga merupakan sumber theobromipe yang bisa  memperbaiki suasana hati. Jadi tidak usah heran cokelat bisa sebagai energi dan menciptakan mood booster.

Apa itu makanan Edamame Panggang? Tidak lain kedelai Jepang. Cemilan atau kudapan yang biasanya dijual dalam kemasan di supermarket ini memang cemilan sehat. Karena dijual secara kemasan, tentu bisa dimakan langsung dan bisa juga dipanggang dulu. Mengkonsumsi Edamame Panggang yang rasanya lezat di mulut sangat dibutuhkan untuk tubuh, mengingat satu porsi Edamame Panggang mengandung 14 gram protein dan 8 gram serat plus 130 kalori. Kandungan protein, serat dan kalori yang banyak itu sejatinya membuat tubuh terjaga.

Tubuh juga tetap terjaga jika menyantap kue cokelat, Chocolate Lava Cake, karena mengandung kafein. Nah, di dalam kue cokelat itu ada secuil Dark Chocolate yang pastinya mengandung kafein. Hanya saja kafein yang ada di secuil Dark Chocalate tidak setinggi kafein yang terdapat pada minuman kopi. Jangan mengkonsumsi kue ini terlalu banyak, walaupun aman untuk tubuh.

Tentang Tumis Daun Singkong yang membuat mata menjadi melek, ya, benar adanya. Pasalnya pada Tumis Daun Singkong ini  dibumbui terasi selain untuk memperkaya rasa dan aroma. Terasi atau bacalan tidak dipungkiri bisa menambah masakan  menjadi lebih nikmat. Sedangkan daun singkong yang banyak mengandung asam  folat, bisa meningkatkan kerja otak. Ringkasnya menu Tumis Daun Singkong adalah makanan yang menggairahkan, sehingga membuat mata jadi melek.

Perihal makanan Telur Kukus Bayam, semua setuju bahwa telur mengandung vitamin B yang tinggi yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B atau kolin juga membantu fungsi syaraf. Di sisi lain bayam padat asam folat yang membantu kerja otak. Bagaimana dengan Jeruk Nipis yang sering dijadikan perasa kudapat?

Jeruk Nipis sering pula dijadikan minuman yang nikmat dan cocok sekali untuk mencegah rasa kantuk, karena mengandung vitamin C yang tinggi. Aroma Jeruk Nipis pun sangat segar. Sedangkan makanan Spicy Baked Salmon selalu disajikan dengan saos dan terdakang diberi juruk nipis.

Daging ikan salmon yang sarat dengan protein benar-benar pas dihidangkan dengan proses pemanggangan yang membuat tidak mengandung minyak. Ikan salmon banyak mengandung mengandung omega 3 yang bagus sebagai sumber energi. Lantas kesepuluh makanan yang bikin melek adalah Matcha Fudge, makanan apakah itu?

Matcha Fudge adalah makanan yang terbuat dari bubuk daun teh hijau. Matcha Fudge ini mengandung protein dan theainine yang berfungsi untuk memperlambat pelepasan kafein. Andaikata Anda ingin begadang semalaman, tidak ada salahnya mengkonsumsi Matcha Fudge.

Ya, itulah sepuluh makanan yang bisa membuat mata melek. Silahkah memilih menu makanan yang Anda maui yang sesuai selera. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis, Pemerhati Kuliner, Redaktur channelsatu. com)

About ibra

Check Also

Lara Silvy. Foto: ist.

Artis Penyanyi Lara Silvy Buka Usaha Kuliner

Jawa Timur, channelsatu.com: Warung E Lara yang menunya didominasi masakan khas Jawa Timur, baru saja …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *