Sabtu , 18 November 2017
Home / kuliner / Inilah Makanan-Minuman Termahal di Dunia

Inilah Makanan-Minuman Termahal di Dunia

Menu The Golden Phoenix CupCake, 27.321 Cocktail. Foto: Ilustrasi.
Menu The Golden Phoenix CupCake, 27.321 Cocktail. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com:Menjelang akhir tahun 2016, BBC Inggris merilis berita kuliner perihal makanan-minuman termahal di dunia. Terdapat enam menu, namun yang paling mahal adalah menu The 27.321 Cocktail seharga $ 7500. Pada tahun 2008 hotel Burj Al Arab telah memasarkan sebuah cocktail The 27.321 Cocktail. Nama ini diambil dari tempat di mana cocktail itu dibuat di lantai 27 Burj Al-Arab  Hotel.

Lantas angka 321 artinya ketinggian hotel tersebut: 321 meter. Dibuat secara Wiski Scottish Macallan berumur 55 tahun dicampur dengan buah kering dan fruit sugar dan disajikan dengan gelas emas 18 karat.

Terus lima menu lainnya yang termasuk mahal, yaitu : The Golden Phoenix CupCake seharga $ 1,000, The Frrrozen Haute Chocolate yang harganya $ 18,000, Le Burger Extravagant dibandrol $ 293,  Sushi Del Oriente harganya $ 2000 dan menu Buddha Jumps Over The Wall Soup dijual dengan harga $ 170.

Terus terang menu makanan minuman itu tidak dijumpai di restoran -restoran di Indonesia. Sulit untuk mencarinya, apalagi berkeinginan untuk mencicipi. Di Indonesia sendiri, belum tercatat maupun terlaporkan mengenai makanan-minuman yang termahal. Hanya saja berupa celetukan yang mencuat dari wisatawan, terutama wisatawan nusantara, bahwa di Bali harga makanan–minuman termahal di Indonesia dibanding di daerah wisata lainnya. Sementara harga makanan–minuman yang termurah ada di Yogyakarta.

Setelah Bali, harga makanan-minuman yang mahal yakni ada di Batam, kota pulau yang letaknya berjarak sejengkal dari negara pulau, Singapura. Tentang harga makanan–minuman di Batam yang demikian mahal, hal ini bisa dimaklumi, mengingat Batam (berdekatan dengan Singapura) yang tentunya biaya hidup di kota itu sangatlah mahal.

Sementara di Bali  harga makanan-minuman sesungguhnya tergolong relatif. Di Jalan Raya Kuta yang tidak jauh dari pantai ada restoran,  berdekatan dengan beberapa hotel, satu di antaranya The Rhadana Kuta,  menjajakan menu ayam penyet bagian paha, ditambah sepotong tahu atau tempe plus nasi putih, dibandrol Rp.16.000,- Harga Rp. 16.000 itu sama dengan harga sepiring menu (ayam goreng, nasi putih dan satu tempe atau tahu) makan siang di Jakarta.

Sebaliknya di Bali, masih cerita tentang makanan minuman, di dalam area wisata Taman Safari Gianyar sebotol air putih 600 ml harganya tidak kepalang tanggung yaitu Rp 17.000,00 Padahal di Denpasar dan di daerah lainnya, di toko–toko mini market sebotol air putih dengan kemasan 600 ml paling murah harganya Rp.3.000,00. Merk tertentu harganya Rp.4.000,00 – Rp.4.500,00.

Memang, bagi pengunjung yang masuk Taman Safari, letaknya di wilayah Gianyar itu, tidak boleh membawa makanan-minuman.  Jika haus atau lapar, mau tidak mau terpaksa membeli di kios makanan yang tersedia dan akibatnya harganya melambung sekian kali lipat. Tentang harga sebotol air putih 600 ml yang dipatok Rp.17.000 ,00 haraplah digarisbawahi, dan anggap sesuatu yang lumrah. Itulah hukum dagang bahwa jualan di area wisata yang banyak didatangi alias dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara, maka harga musti dinaikkan lantaran terkena pajak tinggi.

Terus bagaimana dengan makanan minuman yang termahal di dunia? Tidak ada keraguan bahwa makanan minuman yang ekstra mahal  benar-benar khusus disiapkan untuk keluarga kaya. Bagi orang-orang biasa tentunya tidak bisa menikmati. Menu The Golden Phoenix Cupcake jelas merupakan Cupcake termahal di dunia.

Cupcake ini terbuat dari cokelat Italia, yang dapat dimakan dan strawberry organik. Disajikan di atas piring yang dilapisi emas 24 karat, jelas-jelas Cupcake mewah, hanya dapat dijumpai di Dubai’s new Bloomsbury Café. Apabila Anda mau pesan, harus memesannya terlebih dahulu, setidaknya 48 jam.  Lain lagi dengan menu The Frrozen Haute Chocholate. Menu ini termasuk salah satu dessert paling mahal di dunia.

Es krim yang diciptakan oleh Restoran Serendipity terbuat dari gabungan 28 macam cokelat. Selain itu wadah es krim juga dibuat dari emas 18 karat lengkap dengan berlian putih. Tidak hanya  itu, Restoran Serendipity  menyediakan pula sebuah sendok emas yang bertatahkan berlian.

Nah, inilah burger termahal di dunia. Yaitu Le Burger Extravagant. Adonan burger ini terbuat dari daging sapi wagyu, Jepang yang sudah direndam dengan 10 jenis mentega dan dibumbui dengan Alderwood smoked sea salt. Hamburger ini juga mencakup bahan keju Cheddar, irisan truffle hitam, telur puyuh goreng, Campania truffle, cheese bread, pancake Rusia, krim asam Perancis, serta Carol gal kaviar.

Supaya kelihatan mewah, Burger yang mahal ini direkatkan dengan berlian. Burger inipun dapat Anda temui di Restoran Serendipity 3 di New York dengan harga $ 293, dan hanya menerima pemesanan terlebih dahulu sebelumnya.

Masih ada dua menu makanan yang mahal harganya di dunia : Sushi Del Oriente  dan Buddha Jumps Over The Wall Soup. Sushi Del Oriente dibungkus dengan menggunakan daun emas 24 karat, merupakan  salah satu hidangan yang diproduksi oleh sebuah pengusaha makanan Jepang, Karat Chef yang berada di Manila, Filipina. Sushi Del Oriente tidak dijual bebas, melainkan  mereka yang melakukan pemesanan secara khusus dan biasanya dipesan sebagai hadiah lamaran.

Sedangkan sup paling mahal di dunia adalah Buddha Jumps Over The Wall yang bisa dijumpai di Restoran Kal Mayfair London. Sup mahal ini terbuat dari sirip hiu, Abalone, jamur Shitake Jepang, kerang yang dikeringkan, dan ginseng Korea. Untuk  menikmati sup ini Anda harus memesannya setidaknya lima hari sebelumnya.

Ya, sekarang pastikanlah Anda memesan menu-menu yang mewah dan harganya mahal. Silahkah pilih, tergantung selera Anda apakah memilih menu: The Golden Phoenix CupCake, 27.321 Cocktail, The Frrrozen Haute Chocolate, Le Burger Extravagant,  Sushi Del Oriente atau menu Buddha Jumps Over The Wall Soup. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis, Pemerhati Kuliner dan Redaktur channelsatu.com).

About ibra

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *