Minggu , 21 Januari 2018
Home / Showbiz / Rilex / Indonesia Targetkan Prestasi Lebih Baik diajang Liangollen International Eisteddfod 2016

Indonesia Targetkan Prestasi Lebih Baik diajang Liangollen International Eisteddfod 2016

Tim Indonesia Unjuk kebolehan sebelum berangkat berkompetisi di Inggris, Jumat (10/6/2016) di Jakarta. Foto: Dudut Suhendra Putra.
Tim Indonesia Unjuk kebolehan sebelum berangkat berkompetisi di Inggris, Jumat (10/6/2016) di Jakarta. Foto: Dudut Suhendra Putra.

Jakarta, theatersatu.com: Indonesia diwakili Gema Citra Nusantara (GCN) dan Pengudi Luhur Youth Choir (PLYC), akan unjuk kebolehan diajang bergengsi Kompetisi Seni Dunia, Lianggollen International Eisteddfod 2016, di Wales Utara, Inggris, yang akan digelar 5-10 July 2016 mendatang.

“Tahun ini kami datang lagi untuk mempertahankan prestasi, bahkan jika mungkin memperbaikinya dengan prestasi lebih tinbggi lagi,” Kata Mira Marina Arismunandar, Pelatih Utama dan koreografer grup tari GCN soal target Indonesia di lomba ini yang sudah memasuki lomba ke 70 kalinya, pada wartawan jelang keberangkatannya, Jumat (10/6/2016) kemarin di Jakarta, yang dipandu pengamat musik Bens Leo dan host kondang Ivy Batuta.

Tim Indonesia unuk kebolehan sebelum berkompetisi di Inggris, Jumat (10/6/2016) di Jakarta. Foto: Dudut Suhendra Putra.
Tim Indonesia unuk kebolehan sebelum berkompetisi di Inggris, Jumat (10/6/2016) di Jakarta. Foto: Dudut Suhendra Putra.

Rasa optimis dengan target yang lebih tinggi rasanya tak berlebihan, karena tim Indonesia diajang yang tahun lalu dihadiri Pangeran Charles ini, menurut Mira, tampil dengan koreografer baru dan grup yang berbeda, yakni dengan kelompok tari GCN dari Jakarta dan PLYC.

Hal senada juga dilontarkan dari Sonia Simanjuntak, pelatih dan konduktor PLYC yang akan memberikan hasil yang terbaik demi panji budaya nusantara kian harum di mata dunia di festival Liangollen yang sudah sangat mendunia ini. Di Liangollen International Eisteddfod 2016, GCN dan PLYC, bisa dipastikan akan ikut pada street parade, keliling kota Lingollen yang menurut rencana akan digelar 9 July mendatang ini.

“Tahun ini tim Indonesia, akan bersaing dengan Zimbabwe, India, Wales dan Kazahtan, India menarik karena tariannya dinamis, tariannya didukung oleh banyak pemain,” ucap Mira soal prediksi lawan-lawan Indonesia diajang ini, dimana Kiny Tours merupakan travel agent yang mendapat dukungan resmi Direkotrat Kesenian dan Perfilman Dikbud, dan tahun 2016 ini, delegasi tari GCN dan PLCY, segala keperluan yang berkaitan dengan kegiatan ini di sana nantinya, dilakukan oleh Kiny Tours di bawah komando Kiki Puspita Sari dan Chicco Andika sebagai Direktur Oprasional.

Perlu diketahui tiap tahun festival seni budaya ini diikuti sekitar 5000 performance-tari, musik, penyanyi, parade/carnaval dari 50 negara dari 5 benua, dengan rata-rata sekitar 50.000 penonton sepanjang acara menyaksikan acara yang semarak, memikat dan meriah ini. Sedang Indonesia sendiri tahun lalu yang diwakili SMA Garuda Cendekia dan walaupun baru pertamakali ikut, langsung menang untuk katagori Children Folk Dance Group, Traditional Folk Dance Group dan Choreograped Folk Dance Group atau Koreografi Terbaik. (Ibra)

About ibra

Check Also

Foto bareng sebagian yang telah mengikuti seminar Usulan Usmar Ismail jadi pahlawan nasional. Foto: Ibra.

Usmar Ismail Orang Pertama Indonesia Yang Membuat Film Nasional Mencapai Box Office

Jakarta, channelsatu.com: Bapak perfilman nasional Usmar Ismail terus mendapat dukunganan dari insan dan organisasi perfilm, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *