Rabu , 22 November 2017
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Film Ada Cinta di SMA, Menjawab Yang Kangen Kisah Kasih di SMA

Film Ada Cinta di SMA, Menjawab Yang Kangen Kisah Kasih di SMA

Adegan film Ada Cinta di SMA, Iqbal Dhiafakhri dan Caitlin Halderman romantis bingit mainnya. Foto: Ist.
Adegan film Ada Cinta di SMA, Iqbal Dhiafakhri dan Caitlin Halderman romantis bingit mainnya. Foto: Ist.

Jakarta, channelsatu.com: SMA adalah masa yang paling indah, hingga begitu banyak ceritanya ditulis dan diangkat jadi novel dan film. Sebut saja 2 film paling fenomenal, Gita Cinta dari SMA (1979 – dari novel jadi film), dan Ada Apa dengan Cinta (2002 – dari film jadi novel).

Kehadiran Ada Cinta di SMA (ACS) tahun 2016 ini, menjawab kerinduan yang bikin baper seputar romantika di SMA. Perlu diketahui ACS, pertama kali ditulis skenarionya tahun 2010 oleh Salman Aristo sebagai drama musikal, sesuai permintaan Sherina Munaf bersama orang tuanya yang ingin menyapa penontonnya kembali setelah Petualangan Sherina (2000). Beberapa draft skenario ditulis, tapi ternyata eksekusi film musikal tidak sederhana. Lagu menjadi elemen cerita yang penting, dan perlu dibuat lebih awal agar choreography bisa disesuaikan saat shooting. Skenario yang sudah ditulis tidak segera bisa direalisasikan, karena lagu-lagu yang diperlukan belum tuntas.

Setelah beberapa kali melakukan penyesuaian skenario selama 5 tahun, akhirnya skenario ini menemukan jodohnya. Things happen for a reason. “Ya, sepertinya cerita yang ditulis Salman Aristo menunggu CJR beranjak SMA. Tidak ada yang sekuat Sherina untuk cerita ini selain CJR. Skenario kemudian ditulis kembali oleh Haqi Achmad, dan tentunya jadi tambah menarik karena tidak single plot love story tapi ada 3 kisah cinta yaitu Iqbal (Iqbaal Dhiafakhri) dengan Ayla (Caitlin Halderman), Aldi (Alvaro Maldini) dengan Tara (Gege Elisa), dan Kiki (Teuku Ryzki) dengan Bella (Agatha Chelsea),” papar sang produser dari Starvision,” Chand Parwez Servia pada awak media usai primier di Epicentruum XXI, Selasa )27/9/2016) kemarin.

Hasilnya, ACS memang film drama musikal remaja nan romantis untuk 2016 ini. Kisahnya pun lebih komplek dan kaya akan cerita. Patrick Effendy yang didaulat sebagai sutradara turut memberikan sentuhan di skenario selaku pribadi yang paling mengenal CJR, sekaligus menciptakan 10 lagu agar film drama musikal komedi ini tambah segar, sekaligus menyentuh.

Yang pasti menurut Parwez, ACS akan memberi ilustrasi perjalanan bathin remaja SMA dengan keluarganya, sahabatnya, dan orang tersayang. Melalui kisah seputar ajang pemilihan Ketua OSIS, Ada Cinta di SMA mengajarkan sportifitas saat suksesi kepemimpinan, juga tentang realisasi mimpi yang butuh diperjuangkan untuk jadi kenyataan.

Poster film Ada Cinta di SMA. Foto: Ist.
Poster film Ada Cinta di SMA. Foto: Ist.

“Saya optimis film Ada Cinta di SMA akan jadi film yang dicatat sejarah perfilman nasional setelah Gita Cinta dari SMA, Ada Apa dengan Cinta, dan Petualangan Sherina. Semua pemain bermain rileks dengan pendalaman karakter yang sangat baik, ditambah pemain-pemain senior yang memperkaya kekuatan cerita film ini. Editing yang dikerjakan Aline Jusria, berhasil menyentuh bagian-bagian drama, dan pecah saat komedi.  Cuttingan saat lagu dan choreographynya, jadi bonus tersendiri dalam clip-clip yang asyik dan kekinian, tutur Parwez memuji hasil kerja semua tim di film ini.

Seperti diketahui, Film ini dibuatkan novel yang ditulis oleh Haqi Achmad, dan diluncurkan perdana 1.000 novel di Gramedia Matraman pada tanggal 7 Agustus 2016, yang habis dalam 1 hari. Kemudian dilanjutkan dengan purchase order 1.000 novel di toko buku online, yang juga habis dalam 1 hari, dan saat ini sudah memasuki cetakan ke-5. Novel Aada Cinta di SMA tercatat sebagai salah satu novel terlaris.

Melengkapi kerinduan fans CJR dan sebagai album terakhir, dibuatkan juga album OST Ada Cinta di SMA yang berisikan 10 lagu yang catchy, 4 lagu dibawakan oleh CJR, 1 lagu dibawakan oleh Teuku Ryzki, 1 lagu dibawakan oleh Alvaro Maldini, 1 lagu duet dari Iqbaal Dhiafakhri dan Caitlin Halderman, 1 lagu yang dibawakan oleh Agatha Chelsea, dan 1 lagu dibawakan oleh Caitlin Halderman, dan 1 lagu dibawakan oleh Class of 90. Album CD soundtrack Ada Cinta SMA diedarkan oleh KFC.

Ada Cinta di SMA, siap bikin baper di bioskop mulai 6 Oktober 2016 ini, kisahnya dibuka dengan  Iqbal (Iqbaal Dhiafakhri) bosan dipandang sebelah mata. Untuk mengubah keadaan, Iqbal siap bertarung dengan Ayla (Caitlin Halderman) dalam pemilihan ketua OSIS periode terbaru.

Sayangnya, keputusan Iqbal mencalonkan diri dicibir banyak pihak. Termasuk oleh Aldi (Alvaro Maldini) yang berpikir bahwa berkompetisi menjadi ketua OSIS merupakan sesuatu yang norak. Setelah melihat keseriusan Iqbal, Aldi akhirnya mendukung sahabatnya itu dan berupaya melakukan apa saja demi menghadapi tim sukses lawan yang dipimpin Tara (Gege Elisa).

Di sisi lain, Kiki (Teuku Ryzki) yang telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai ketua OSIS periode terdahulu berkeinginan kembali mengejar impiannya yang selama ini ia simpan sendiri: menjadi musisi. Bella (Agatha Chelsea) diam-diam selalu memperhatikan Kiki yang sering menghabiskan waktu sendirian untuk membuat lagu.

Apakah Iqbal berhasil mengalahkan Ayla? Bagaimana akhir dari perseteruan Aldi dan Tara? Dan mungkinkah Bella berhasil membantu Kiki mewujudkan impiannya? Jawaban dari pertanyaan tersebut ada di dalam film Ada Cinta di SMA. (Ibra)

About ibra

Check Also

Bincang-bincang dengan FPMPM, Kamis (9/10/2017) di Jakarta. Foto: ist.

FPMP Tak Percaya Hasil FFI 2017

Jakarta, channelsatu.com:Mengkritisi penyelenggaraan perfilman saat ini, Forum Peranserta Masyarakat Perfilman (FPMP) menyampaikan pernyataan sikap, Kamis …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *