Sabtu , 18 November 2017
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Festival Pesona Khazanah Ramadhan, Momentum Menggerakan Industri Halal

Festival Pesona Khazanah Ramadhan, Momentum Menggerakan Industri Halal

Festival Pesona Khasanah Ramadhan 2017. Foto: Ilustrasi.
Festival Pesona Khasanah Ramadhan 2017. Foto: Ilustrasi.

Jakarta , channelsatu.com: Selama sebulan penuh pada Ramadhan tahun 2017, Festival Pesona Khazanah Ramadha digelar di Pulau Lombok yang dikenal pula Pulau Seribu Masjid. Festival yang diadakan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) merupakan terobosan baru dalam perkembangan pariwisata d Indonesia  dan juga sebagai momentum untuk menggerakkan industri wisata halal.

Festival dipusatkan di Masjid Hubbul Wathan, Kompleks Islamic Center, NTB, memang dimaksudkan memaknai bulan suci Ramadhan, dan menurut Gubernur NTB Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi sebagaimana tertera dalam rilisnya yang diterima channelsatu,com, “Bagaimana umat Islam merasakan sensasi berpuasa di Lombok “

Dalam hal ini, NTB ingin menggulirkan sektor pariwisata halal yang sudah menjadi branding dari provinsi ini. Sertamerta pariwisata halal pada akhirnya bisa memberi pengalaman spiritual bagi orang yang melancong ke Lombok saat Ramadhan. Selama ini, bulan Ramadhan  kerap diindetikan sebagai low season atau lesunya industry pariwisata seperti perhotelan hingga jasa perjalanan wisata.

Pada Ramadhan juga kerap diindetikan dengan kurangnya semangat dalam beraktivitas. Aktivitas berpuasa kerap kali menjadi alasan penurunan kerja dan produktivitas. “Padahal Ramadhan adalah momentum untuk memacu semangat dalam berbuat lebih baik dibanding hari-hari biasa. Kami menyadari  bahwa Ramadhan ialah energy yang sangat besar. Bukan diam, tapi Ramadhan itu bergerak. Karena dalam bergerak itu ada berkah. Kami ingin momen keagamaan itu  berkolerasi positif dengan produktivitas kita sebagai masyarakta,“ tulis Gubernur NTB Tuan Guru Haji Muhammad Zainul Majdi dalam rilisnya.

Berbagai acara digelar dalam Festival Pesona Khazanah Ramadhan ini, seperti akan hadir lima imam besar dari Mesi, Maroko, Suriah, Lebanon dan Yordania. Mereka secara bergiliran  akan menjadi iman salat Tarawih di Masjid Hublul Wathan. Acara lain pemilihan dai remaja, lomba fotografi, acara kuliner, fashion show, hiburan islam dan pawai obor seribu cahaya. Ada juga acara talkshow kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, pameran buku dan diskusi keagamaan. Sedang untuk kegiatan sosial, yaitu menyelenggarakan  buka puasa bersama lima ribu anak yatim dan memberikan pelayanan kesehatan gratis.

Tidak dipungkiri, Festival Pesona Khazanah Ramadhan adalah gebrakan serta mempunyai daya kejut terhadap industri wisata halal. Dari sisi pemasaran  kian memperkuat branding position NTB sebagai destinasi wisata halal. Kehadiran imam besar Timur Tengah justru menumbuhkan  pengaruh tersendiri, bahan menjadi magnet para wisatawan Timur Tengah makin mengenal NTB. Semuanya itu bakal dinantikan hasil. Semoga festival Pesona Khazanah Ramadha bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB , yang biasanya pada bulan puasa itu minim sekali. (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com )

About ibra

Check Also

Tomm. W. Sosok pengusaha sukses. Foto: Ibra.

Tommy, “Harus Punya Mimpi Jika Ingin Sukses”

Jakarta, channelsatu.com: Ketika kita berhasil mencapai sekolah tinggi dengan sederet gelar di tangan, awalnya kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *