Selasa , 18 Januari 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Festival Film Pelajar DKI dan SNAKKI 2013, Jadi Ajang Positif Pelajar Jakarta Bikin Film

Festival Film Pelajar DKI dan SNAKKI 2013, Jadi Ajang Positif Pelajar Jakarta Bikin Film

Jakarta, channelsatu.com: Ada 59 film yang dibuat pelajar Jakarta. Mereka semuanya mengeluarkan kemampuan terbaiknya membuat film untuk mencapai hasil yang terbaik diajang Festival Film Pelajar DKI dan SNAKKI 2013.

59 film tersebut, terbagi dalam katagori film pendek, film dokumenter dan film animasi.

“Diluar dugaan kami film yang mereka bikin cukup menarik dan memikat. Bahkan salah satunya ada sebuah film yang menuturkan bagaimana tertekannya seorang pelajar melihat orangtuanya jadi koruptor. Ini menunjukan mereka ternyata  mampu membuat film dari kejadian yang terjadi di sekitarnya,” tutur artis Clara Shinta yang terlibat menjadi juri di ajang ini di depan wartawan jelang penganugrahan buat para pemenang, Selasa (17/12) di Jakarta.

Clara pun menuturkan untuk menilai sebuah film pelajar ada tantangan tersendiri di bandingkan saat ia menjadi juri di festival film berskala nasional, seperti Festival Film Indonesia.

“Ada dua hal untuk menilai film yang dibuat para pelajar, yaitu kontent dan sinematografinya. Dua pokok tadi harus ada di film yang mereka buat. Dan ini jadi tantangan untuk memilih mana yang terbaik diantara yang mereka buat. Karena  hasilnya rata-rata kreatifitas mereka pun cukup memuaskan dalam membuat film. Ini menunjukankan Indonesia punya banyak peluang untuk melahirkan sineas-senas muda dan kreatif untuk memajukan film Indonesia,” paparnya.

“Dari kegiatan ini pula kita ingin merubah image pelajar Jakarta yang dikenal suka tawuran jadi pelajar yang kreatif. Dan lewat ajang ini saya kira sangat tepat jadi wadah untuk membuat pelajar menyalurkan inspirasinya yang positif,” sambung Kepala Bidang Penggelolaan Daya Tarik Destinasi- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Ida Subaedah.

“Saya berharap kegiatan ini ke depannya tidak saja diikuti pelajar Jakarta tapi juga bisa diikuti pelajar seluruh Indonesia,” lanjut Ida.

Menurut Ketua Umum Sekretariat Nasional Kine Klub Indonesia (SENAKKI) dan sekaligus Ketua pelaksana panitia kegiatan ini, Akhlis Suryapati, di mana acaranya difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, selain ada lomba festival film, juga diisi dengan workshop, dan pameran poster film, serta diisi berbagai kegiatan hiburan lainnya.

“Ajang seperti ini, merupakan salah satu bentuk kongkret dalam upaya membangung kecintaan pada film, menumbuhkan daya kreatif di bidang film, serta merupakan penyediaan ruang ekpresi dan pengembangan jati diri melalui media film,” tegas Akhlis.

“Satu hal lagi yang tak diketahui banyak orang, dari acara ini  kita bisa membentuk komunitas masyarakat pecinta film Indonesia,” tambah Syamsul yang ikut jadi juri di festival ini. (Ibra)

About ibra

Check Also

Kelompok Shivaband 20. Foto: Ist.

Shivaband 20 Sudah Punya 40 Stock Lagu dan Siap Diluncurkan

Jakarta, channelsatu.com:Pendatang baru grup musik, Shivaband 20 siap meramaikan industri musik Indonesia diawal 2021 ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *