Senin , 13 Juli 2020
Home / Hot News / Nasional / DEFORESTASI INDONESIA PADA TAHUN 2011 – 2012 HANYA SEBESAR 24 RIBU HEKTAR

DEFORESTASI INDONESIA PADA TAHUN 2011 – 2012 HANYA SEBESAR 24 RIBU HEKTAR

Jakarta,channelsatu.com: Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Planologi, Kementerian Kehutanan,Kepala Pusat Humas Kehutanan Eka W. Soegiri, menjelaskan dalam siaran pers yang diterima channelsatu.com,laju deforestasi pada hutan primer di Indonesia pada periode tahun 2011 -2012 sebesar 24.474,3 hektar. Laju deforestasi pada hutan primer tersebut terbagi dalam Hutan Lahan Kering Primer, Hutan Rawa Primer dan Hutan Mangrove Primer seperti tercantum dalam tabel sebagai berikut:

 

 

 

Kebijakan Moratorium Pemberian Izin Baru di Hutan Primer dan Lahan Gambut yang dimulai Mei 2011 yang sudah diperpanjang lima kali dengan dilengkapi dengan Peta Indikatif Penundaan Izin Baru Revisi ke 5 (PIPIB V) sudah tepat karena penundaan pemberian izin pemanfaatann hutan pada kawasan hutan primer dan lahan gambut telah dapat membantu usaha Kementerian

Kehutanan menurunkan laju deforestasi hutan.

Upaya lain yang terus dilakukan oleh Kementerian Kehutanan untuk menurunkan deforestasi hutan adalah: 1). Percepatan tata batas kawasan hutan, 2). Peningkatan penetapan kawasan hutan, 3). Pembentukan KPH, sebagai intesifikasi pengelolaan, pendekatan pelayanan akses masyarakat terhadap manfaat hutan, 4). Penegakan hukum  berkait dengan illegal logging dan perambahan, 5). Pengendalian penggunaan kawasan hutan, 6). Penentuan High Conservation Value (HCV)  pada pelepasan kawasan hutan, 7). Pendelinasian makro dan mikro dalam perijinan pemanfaatan hutan, 8). Pencegahan dan penanggulangan kebakaran, 9). Peningkatan mutu pengelolaan hutan dengan sertifikasi, 10). Rehabilitasi, reklamasi, revegetasi, penanaman hutan dan kebun bibit.

 

Deforestrasi hutan yang terjadi di Indonesia harus menjadi perhatian kita bersama. Dengan partisipasi dari seluruh stakeholder sektor kehutanan maka permasalahan untuk menjaga hutan kita tetap lestari dapat kita wujudkan dengan segera.(Ibra). Foto: Ilustrasi.

About ibra

Check Also

Foto: ist.

Kemenparekraf dan Kemenkes Sepakat Kembangkan Wisata Kesehatan di Indonesia

Jakarta, channelsatu.com: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sepakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *