Minggu , 22 Oktober 2017
Home / PELUANG / Industri Kreatif / CRS Propan Raya Untuk Revitalisasi Kota Tua Jakarta

CRS Propan Raya Untuk Revitalisasi Kota Tua Jakarta

Suasana Kota Tua Jakarta. Foto: Ist.
Suasana Kota Tua Jakarta. Foto: Ist.

Jakarta, channelsatu.com: Sebagaimana diketahui Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang terletak di wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 Bali Baru atau 10 Destinasi Prioritas. Karena itu, dua kawasan  tersebut harus cepat dikembangkan serius untuk destinasi di Jakarta yang saat ini menjadi pintu kedua terbesar bagi kedatangan wisatawan mancanegara di Indonesia.

Sejalan dengan usaha itu juga, maka dibentuklah Konsorsium Kota Tua Jakarta yang mempunyai tujuan mencari solusi revitalisasi Kota Tua dengan kooperasi bersama beberapa pihak lokal untuk mengadakan kampanye serta demi meningkatkan pengetahuan publik. Tidaklah diingkari, Revitalisasi Kota Tua Jakarta musti diwujudkan dan dijadikan sebuah program sertamerta menjadikan Kota Tua sebagai destinasi pariwisata Jakarta di bidang budaya dan herite building.

Visi Revitalisasi Kota Tua Jakarta sangatlah jelas, yakni merivitalisasi Kota Tua Jakarta, sehingga dapat menjadi kota UNESCO (United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization: Badan Dunia Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan) World Heritage Site. Untuk itulah konsorsium bersama Pemerintah DKI Jakarta mengajak beberapa pihak lokal, tidak terkecuali perusahaan swasta, pedagang dan wisatawan di Kota Tua untuk mengapresiasi nilai historis Kota Tua Jakarta.

Revitalisasi Kota Tua Jakarta pun merupakan lokomotif dalam pengembangan arsitektur Nusantara, yang tidak lain bagian dari budaya bangsa. Hal itupun sesuai dengan misi PT. Propan Raya, perusahaan cat yang selalu siap  mendukung pengembangan dan pelestarian (terutama di bidang arsitektur) pariwisata Indonesia. Dalam masalah ini perusahaan cat itu akan menggulirkan dana CSR, Corporate Social Responsibility.

Untuk memenuhi semua kebutuhan revitalisasi, pihak perusahaan cat  tersebut, mengembangkan cat khusus untuk bangunan tua, antara lain silicate paint system. Cat khusus ini diformulasi secara khusus pula dengan teknologi canggih sebagai solusi terbaik untuk melindungi bangunan warisan budaya dan bangunan baru pada kondisi kelembaban tinggi. Silicate Paint bersifat alkali, dan dapat mencegah timulnya jamur  maupun micro organisme lainnya.

Hiramsyah S.Thaib, Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, kepada channnelsatu.com di Jakarta, pertengahan April 2017, menegaskan bahwa apa yang dilakukan PT.Propan Jaya, “Adalah bagian dari percepatan destinasi. Dukungan  itu, melalui dana CSR, bermanfaat sekali. Kami, semua pihak ingin wajah Kota Tua cepat berubah. Sekarang saja Kota Tua sudah tidak lagi kumuh.“ (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com )

About ibra

Check Also

Pasar Tanah Aabng. Foto: Ilustrasi.

Tumpah Ruah Berburu Busana Lebaran di Tanah Abang Dengan Harga Miring

Jakarta, channelsatu.com: Sepertinya tak ada yang tidak mengetahui tentang Pasar Tanah Abang, Jakarta, yang dulunya …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *